Monday, December 12, 2016

Cerita Dibalik Si Bulat Merah Putih

Ronde atau Tangyuan (dalam bahasa Mandarin) merupakan salah satu makanan asal China. Ronde memiliki bentuk bulat. Ronde pertama kali dibuat dengan warna merah dan putih. Ronde umumnya dikonsumsi saat festival Dong Zhi. Pada saat festival, ronde dikonsumsi dengan jumlah 13 butir, dimana 12 butir diantaranya berupa ronde merah dan putih, sementara 1 butir merupakan ronde besar berwarna merah. Diantara 12 butir ronde kecil tersebut, jumlah ronde berwarna putih harus sebanyak 6 biji dan ronde berwarna merah berjumlah 6 butir. Di sisi lain, ronde besar berwarna merah tersebut memiliki isian kacang didalamnya. Konsumsi ronde umumnya menggunakan air jahe dengan campuran gula merah.


Perayaan festival Dong Zhi dilaksanakan pada 22 Desember tiap tahunnya dan telah ada sejak zaman Dinasti Han, namun festival tersebut dirayakan secara meriah saat masa Dinasti Han. Tradisi makan Tang Yuan pada festival tersebut sesungguhnya bertujuan untuk menghangatkan tubuh pada puncak musim dingin. Apabila dilihat dari karakteristiknya, ronde memiliki makna tersendiri, yaitu: 
  • Bentuk ronde yang bulat melambangkan kesempurnaan
  • Warna ronde yang merah dan putih yaitu melambangkan keseimbangan hidup
  • Tekstur ronde yang lengket dan kenyal melambangkan doa dan harapan agar keluarga tetap bersatu dan harmonis.
Ronde memiliki dua cara penyajian yang berbeda, dimana masing-masing penyajian tersebut melambangkan makna yang berbeda pula. Berikut cara penyajian dan maknanya:
  1. Ronde sebagai persembahan sembahyang Dongzhi
          Penyajian : mempersembahkan 3 mangkuk ronde, dimana tiap mangkuknya berisi 6 ronde kecil           berwarna putih, 6 ronde kecil berwarna merah, dan satu ronde besar berwarna merah
          
          Makna : 12 butir ronde kecil melambangkan 12 bulan dalam satu tahun. Sementara 1 ronde                 besar melambangkan berkat dari TYME dalam satu tahun. 
       
      2. Ronde sebagai hidangan pada hari Dongzhi
       
          Penyajian : ronde yang dimakan harus sesuai dengan umur yang memakannya di tahun depan.             1 buah onde kecil melambangkan 1 tahun dan 1 buah onde besar melambangkan 10 tahun. 

          Makna: rasa syukur atas umur yang diberikan serta doa agar memiliki umur panjang di tahun               depan. 

0 comments:

 

Bee's mind Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang