Monday, December 5, 2016

Tata Cara Makan Formal ala Barat


Setiap negara atau wilayah tertentu memiliki tata cara makan yang berbeda. Oleh sebab itu, apabila terdapat pertemuan formal di suatu negara tertentu diperlukan pengetahuan dalam tata cara makan yang baik dan benar sesuai kebiasaan pada negara tersebut. Salah satu tata cara makan pada pertemuan formal yang umumnya digunakan adalah tata cara makan ala masyarakat negara barat.

Saat pertemuan formal dengan tata cara makan ala barat, umumnya meja anda akan di set terlebih dahulu sesuai dengan menu yang akan dihidangkan. Set perlengkapan yang umum digunakan ialah seperti pada gambar berikut. 

Pada gambar tersebut terlihat bahwa terdapat piring kecil pada bagian kiri atas. Piring tersebut berfungsi sebagai tempat roti. Roti akan diberikan oleh pelayan sebagai makanan pembuka. Umumnya diatas piring kecil terdapat pisau kecil yang berfungsi sebagai pengoles mentega pada roti. Saat anda memakan roti, lakukanlah kegiatan tersebut diatas piring. Apabila anda masih menginginkan roti, maka letakkanlah pisau dengan lurus.

Selanjutnya, disebelah piring kecil, terdapat sepasang sendok dan garpu. Sendok dan garpu tersebut digunakan untuk menikmati hidangan penutup atau dessert. Untuk gelas yang berada pada sisi kanan atas, umumnya berisikan air dan wine. Wine yang diisikan umumnya disesuaikan dengan hidangan utama.

Setelah itu, pada sisi bawah gelas terdapat dua buah pisau dan satu buah sendok dan pada sisi kirinya terdapat dua buah garpu. penggunaan alat makan yang benar adalah alat makan yang terletak pada sisi luar digunakan terlebih dahulu. Pada contoh gambar diatas, alat makan yang pertama digunakan adalah sendok, diaman sendok tersebut merupakan sendok soup. Setelah itu terdapat pisau disebelah kanan dan garpu disebelah kiri, dimana alat makan tersebut digunakan untuk mengonsumsi salad. Selanjutnya alat makan yang terakhir yaitu diner fork dan diner knife digunakan untuk mengonsumsi hidangan utama, namun alat makan yang disediakan akan disesuaikan dengan hidangan yang akan disediakan. Apabila anda telah selesai makan sajian utama, maka pisau dan garpu yang digunakan diletakkan searah jarum jam 5.

Napkin atau serbet merupakan benda pertama yang harus anda buka ketika pramusaji menghidankan makanan. Napkin boleh diletakkan di bagian paha atau diletakkan di bagian atas baju. Apabila anda hendak bagun dari duduk anda, napkin tersebut letakkan diatas meja. Apabila anda telah selesai makan, maka anda harus menunggua hingga seluruh orang pada meja anda selesai makan terlebih dahulu, setelah itu baru pramusaji menghidangkan hidangan selanjutnya. 

0 comments:

 

Bee's mind Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang