Tuesday, October 4, 2016

Kue Bulat Bertabur Wijen


Kue berbentuk bulat dengan taburan wijen atau yang lebih dikenal dengan onde-onde, merupakan kue yang berasal dari Tiongkok. Kue ini sudah ada semenjak Dinasti Zhou. Pada masa itu, onde-onde dibuat oleh pemasak kerajaan untuk pekerja yang sedang membangun istana. Onde-onde sendiri memiliki arti keselamatan dan kebersamaan. Di Tiongkok, onde-onde memiliki nama berbeda, bergantung dengan daerahnya.  

Onde-onde pertama kali dikenalkan oleh Dinasti Ming pada kerajaan Majapahit di Mojokerto. Berdasarkan hal tersebut, seiring berkembangnya waktu, mojokerto sekarang dikenal sebagai kota onde-onde di Indonesia. Onde-onde pun telah berkembang dari kue untuk pekerja pembangun istana menjadi kue spesial yang turut dihidangkan saat upacara tahun baru china.

Jian dui atau onde-onde sendiri terbuat dari tepung ketan. Pada bagian dalam onde-onde umumnya berisikan kacang hijau, namun hal tersebut tidak merupakan sebuah keharusan. Bagaian dalam onde-onde dapat diganti dengan berbagai isian, misalkan gula merah atau kacang merah. Untuk bagian luar onde-onde, pada umumnya ditaburi wijen.

Onde-onde saat ini dapat ditemui diseluruh penjuru di Indonesia. Tak hanya itu, onde-onde dapat pula ditemui pada negara aslinya, yaitu Tiongkok. 






0 comments:

 

Bee's mind Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang