Sunday, July 3, 2016

All About Manager

      Saat melakukan suatu pekerjaan, khususnya untuk mencapai suatu target, maka harus dilakukan strategi-strategi agar tujuan tersebut tercapai. Strategi tersebut umumnya disebut management. Management merupakan kemampuan untuk mengatur sumber daya agar menapai tujuan yang telah ditentukan. Ketrampilan management penting untuk dimiliki oleh seluruh lapisan manusia, namun tidak seluruh orang memiliki keterampilan management. Seseorang yang memiliki keterampilan management disebut manager.

    Seorang manager umumnya memiliki tugas untuk mengatur, mengawasi, mengarahkan dan mengevaluasi. Di samping itu, seorang manager berperan untuk mengambil keputusan dan merancang perencanaan. Kedua hal tersebut yang membedakan seorang manager dengan staff lainnya.  

       Di samping berperan sebagai pengambil keputusan dan merancang perencanaan, seorang manager memiliki peran sebagai,

  • Pribadi
         Peran manager sebagai seorang pribadi dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai seorang tokoh, leader, dan liaison. Seorang manager sebagai tokoh berperan untuk mewakili organisasinya. Sementara itu, seorang manager sebagai leader bertugas untuk mengarahkan, motivator, dan mengevaluasi. Sebagai seorang laison, manager berperan untuk menjalin relasi internal maupun eksternal organisasinya.
  • Informasional
     Informasional yang dimaksud disini ialah seorang manager bertugas untuk mengumpulkan informasi baik internal maupun eksternal, sebagai penyalur informasi (dari luar organisasi ke dalam organisasi maupun sebaliknya), dan sebagai jurubicara.
  • Perancang perencanaan dan Pengambil keputusan
      Pada sub ini, seorang manager berperan sebagai seorang enterpreneur, disturbance handler, pengalokasi sumber daya, dan juru runding. Disini seorang manager dilihat dari segi pengaturan sumber daya pada organisasinya.


          Seorang manager hakikatnya memiliki kemampuan sebagai seorang pemimpin. Dilihat dari sisi lain, seorang manager sebagai seorang pemimpin memiliki beberapa tipe, seperti bijak, visioner, kharismatik, dan idealis. Di Indonesia, kepemimpinan memiliki dua pola, yaitu transaksional dan transformasional. Pola transaksional yaitu seorang pemimpin yang dalam memberikan pembagian tugas cenderung bersifat langsung. Sementara pola transformasional merupakan tipe seorang pemimpin yang memberikan motivasi pada staffnya terlebih dahulu untuk meningkatkan kinerjanya. 



0 comments:

 

Bee's mind Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang