Sunday, July 10, 2016

Rempeyek Teri Medan

Sebelumnya, telah dijelaskan mengenai Peyek Goooyank. Rempeyek Teri Medan yang dicetak menggunakan cetakan kembang goyang. Kali ini, akan dijelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Peyek Goooyank, alias rempeyek teri medan. Bahan-bahan yang dbutuhkan dalam pembuatan rempeyek teri medan ini antara lain, tepung beras, tepung maizena, telur, teri medan, daun jeruk, bawang putih, ketumbar, santan dan garam.

Penggunaan tepung beras dalam pembuatan rempeyek teri medan ini bertujuan untuk menghadirkan tekstur renyah pada rempeyek. tepung beras dapat dibuat dari pecahan beras maupun beras utuh. Dalam tahap penggorengan rempeyek, tepung beras akan meminimalisir minyak yang terserap pada produk dan memperlambat transmisi air, sehingga akan menghasilkan tekstur yang renyah pada rempeyek. 

Teri medan merupakan salah satu jenis ikan teri yang ada di Indonesia. Teri medan memiliki tekstur halus dan kecil. penggunaan teri medan pada rempeyek yaitu sebagai komponen tambahan yang biasanya ditaburkan diatasnya. Selain teri, umumnya digunakan kacang tanah atau udah kecil sebagai komponen tambahan rempeyek.

Komponen terpenting selanjutnya adalah santan. Penggunaan santan bertujuan untuk memberikan rasa gurih dan sebagai pengganti air. Santan merupakan emulsi lemak dalam air. Santan secara umum memiliki kandungan lemak sebanyak 35%, air 54% dan padatan tanpa lemak 11%. Kepekatan pada santan bergantung dari volume air yang ditambahkan saat mengekstraksi dan umur kelapa yang diekstraksi.

Telur digunakan untuk memudahkan lepasnya adonan dari cetakan. Telur memberikan tekstur lebih licin dan tidak lengket, sehingga lebih mudah untuk mencetaknya. Selanjutnya, dalam pembuatan rempeyek teri medan, bahan bahan yang digunakan adalah rempah-rempah (seperti bawang putih dan ketumbar) dan daun jeruk. Penggunaan rempah-rempah dan daun jeruk tersebut untuk memperkuat rasa pada rempeyek teri. Rempeyek umumnya kaya rasa rempah, khususnya ketumbar. Oleh sebab itu pada pembuatannya digunakan ketumbar yang cukup banyak untuk memperkuat rasa khas rempeyek. Daun jeruk Berfungsi untuk memberikan aroma pada rempeyek teri. Penambahan daun jeruk menambahkan aroma segar pada rempeyek teri.  

Referensi

Eliasson, A. C., 2004. Starch in Food : Structure, Function and Application. Boca Raton :     CRC press.

Erwin, L. T., 2011. Gemar Makan ikan 25 Resep Masakan olahan Ikan teri. Jakarta : PT Gramedia Pustaka utama

Tim Dokter Anda, 2012. 58 QA Seputar Diet, Makanan, dan Suplemen. Jakarta : PenerbarPlus.




0 comments:

 

Bee's mind Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang